Jurnal Al Miskat


Al-Quran Sebagai Mukzijat Terbesar

Mukjizat  Nabi  Muhammad  Saw  memiliki  kekhususan dibandingkan  dengan  mukjizat  Nabi-Nabi  lainnya.  Semua
mukjizat  sebelumnya  dibatasi  oleh  ruang  dan  waktu,  artinya hanya  diperlihatkan  kepada  umat  tertentu  dan  masa  tertentu.
Sedangkan mukjizat al-Qur‟an bersifat universal dan abadi yakni berlaku untuk semua umat manusia sampai akhir zaman. Karena itu,  al-Qur‟an  adalah  sebagai  mukjizat  terbesar  dari  semua mukjizat-mukjizat  yang  diberikan  Allah  Swt  kepada  para  Nabi sebelumnya dan kepada Nabi Muhammad Saw sendiri.

View Journal | Current Issue | Register

REINTERPRETASI HADIS-HADIS PEREMPUAN

Apabila kita mengaitkan antara praktek tasawuf dengan yang ada pada masa-masa awal Islam, sebenarnya tasawuf adalah perpanjangan dari aktifitas zuhud yang ada pada masa Nabi dan sahabatnya. Oleh karena itu, Islam tidak bisa dilepaskan dari tasawuf, sebab tasawuf adalah aspek spiritual dalam agama, atau merupakan bagian dari pilar ihsan dalam agama.

View Journal | Current Issue | Register

HAKIKAT KEBENARAN MENGKAJI TASAWUF AKHLAKI – AKHLAK KENABIAN

Kebenaran menjadi idaman setiap manusia. Ia mempunyai makna khusus dalam kehidupan. Ia adalah tumpuan dari segala pemikiran, sikap dan tindakan. Ia yang memberi arti hidup. Hakikat kebenaran perlu dikaji salah satunya melalui tasawuf.  Tasawuf adalah akhlak kenabian yang akan terus menjadi sumber inspirasi dan motivasi, memberi makna dan arah, serta menjadi kendali hakiki bagi terbangunnya peradaban manusia. Ia merupakan sumber utama arus-spiritual, moral, intelektual, bahkan keseluruhan jiwa manusia dalam memelihara dan mengembangkan makna dan fungsi kehambaan  dan kekhalifahan diri pribadi manusia. Dengan tasawuf makna kemanusiaan selalu terjaga dan terangkat marwah dan martabatnya, tetap eksis dalam perannya, dan memiliki nilai transendens serta selalu harmonis dalam dinamika kehidupan  umat dan masyarakat banyak.

View Journal | Current Issue | Register