METODOLOGI BACA TULIS AL-QU’RAN: Refleksi Belajar Al-Quran Pada Mahasiswa IAIN Palangkaraya

Zaenap Hartati, Emawati Emawati, Latifah Anum Dalimunte

Abstract


Pada saat akan menjadi mahasiswa maupun kegiatan perkuliahan praktikum Praktik Membaca al-Quran (PMQ), mahasiswa IAIN Palangka Raya telah mengikuti test membaca al-Quran namun kemampuan membaca masih belum maksimal diperoleh mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk membaca al-Quran dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah mencoba menggali problem sebelum dan proses yang dilalui mahasiswa, sehingga akan ditemukan solusi atas persoalan kemampuan baca al-Quran mahasiswa IAIN Palangka Raya. Penelitian dilakukan di IAIN Palangka Raya. 

Penelitian ini akan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan adalah mahasiswa IAIN Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: Metodologi yang digunakan mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam mempelajari al-Quran pertama kali dominan diperoleh dari orang tua, kemudian diperoleh dari keluarga lainnya, selanjutnya diperoleh melalui guru mengaji maupun lembaga. Pendayagunaan kompetensi baca al-Quran oleh mahasiswa IAIN Palangka Raya, jika senantiasa dibaca dan dipelajari akan semakin baik bacaan al-Quran bahkan dapat mengajarkan kepada yang lainnya. Refleksi yang diperoleh dari pembelajaran al-Quran ketenangan hati, mendapatkan petunjuk, pahala yang berlipat dari bacaan al-Quran.

Kata Kunci : Metodologi, Belajar, Baca Tulis al-Quran

 




DOI: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v1n1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN ONLINE

P-ISSN: 2527-8371
E-ISSN: 2685-0974


INDEX BY