Kurikulum Pendidikan

STRUKTUR KURIKULUM

1.    Struktur kurikulum Program Magister (S2) Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta diklasifikasi menjadi beberapa kategori yang mencakup:(a) komponen Mata Kuliah Dasar (MKD) dilakukan untuk memberikan kemampuan yang sama kepada semua mahasiswa sehingga mereka memiliki kompetensi dasar dalam kajian keislaman; (b) komponen Mata Kuliah Kompetensi (MKK) mata kuliah keahlian (kompetensi akademik) yang diberikan kepada mahasiswa sesuai dengan program studi yang dipilih. Mata kuliah ini menjadi ciri keahlian khusus mahasiswa dalam bidang ilmu berdasarkan pilihan program studi; (c) komponen Mata Kuliah Pilihan (MKP) mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa untuk menentukan dengan cara pilihan mereka sebagai bahan pengayaan terhadap bidang ilmu yang ditekuni; dan (d) komponen Mata Kuliah Penunjang (MKP). Mata kuliah yang bersifat metodologi atau tambahan keilmuan untuk memberikan kemampuan riset dan analisis dalam membuat tugas akhir (tesis).

2.    Struktur kurikulum Program Doktor (S3) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta diklasifikasi menjadi beberapa kategori yang mencakup: (a) komponen Mata Kuliah Dasar (MKD) dilakukan untuk memberikan kemampuan yang sama kepada semua mahasiswa sehingga mereka memiliki kompetensi dasar dalam kajian keislaman; (b) komponen Mata Kuliah Kompetensi (MKK) mata kuliah keahlian (kompetensi akademik) yang diberikan kepada mahasiswa sesuai dengan Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Mata kuliah ini menjadi ciri keahlian khusus mahasiswa dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir; (c) komponen Mata Kuliah Pilihan (MKP) mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa untuk menentukan dengan cara pilihan mereka sebagai bahan pengayaan terhadap bidang ilmu yang ditekuni; dan (d) komponen Mata Kuliah Penunjang (MKP). Mata kuliah yang bersifat metodologi atau tambahan keilmuan untuk memberikan kemampuan riset dan analisis dalam membuat tugas akhir (disertasi).

3.    Jenis-jenis ujian untuk penyelesaian studi Program Magister dan Doktor adalah Ujian Mata Kuliah (Mata Kuliah Dasar, Mata Kuliah Kompotensi, Mata Kuliah Pilihan, Mata Kuliah Penunjang, Ujian sidang Proposal Tesis dan Disertasi, Ujian Komprehensif,  dan Ujian Sidang Tesis dan Disertasi.

4.    Yang dicantumkan dalam transkrip akademik meliputi semua nama mata kuliah (Dasar, Kompetensi, Pilihan dan Penunjang) yang pernah diambil dan lulus serta semua tahapan kegiatan akademik lain (ujian proposal, ujian komprehensif, dan ujian promosi).

Artikel Terkait

  • Biaya Pendidikan S2
  • Biaya Pendidikan S3
  • Biaya Pendidikan S3