Menteri Agama RI Percayakan IIQ Jakarta Kelola Beasiswa Kelas Internasional

( 29-08-2016 Pukul 13:08:46 WIB )

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin, memberikan kepercayaan kepada Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta untuk mengelola program beasiswa Kemenag RI. Pernyataan itu disampaikan ketika memberikan sambutan dalam acara wisuda dan Dies Natalis IIQ Jakarta ke-39. Selain memberikan sambutan dan orasi ilmiah, Menag RI juga meresmikan pembukaan Program S-3 Pascasarjana IIQ Jakarta.

 Porgram Beasiswa yang dipercayakan kepada IIQ Jakarta adalah untuk Program Pascasarjana S-2 prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dengan format kelas internasional yang menggunakan pengantar Bahasa Arab. Tidak tanggung-tanggung, Menag memberikan kuota untuk 1 (satu) kelas. IIQ dipandang mampu mengelola program tersebut mengingat IIQ telah terbukti berpengalaman dalam mengelola kajian ke-Al-Quran-an selama lebih dari 30 tahun.

 "Insya Allah Kemenag RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan memberikan beasiswa S-2 sebanyak satu kelas khusus untuk kaderisasi ulama perempuan, dan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, program beasiswa tahun ini saya rencanakan menggunakan format kelas internasional dengan menggunakan pengantar Bahasa Arab" kata Menag.

 Menag menekankan bahwa program beasiswa tersebut dikhususkan untuk perempuan. "Peserta beasiswa diperuntukan khususkan untuk perempuan sebagai respon atas program pengarus-utamaan jender untuk menjawab kelangkaan ulama perempuan"  lanjutnya.

 Lebih jauh Menag menyatakan bahwa program tersebut dipercayakan kepada IIQ Jakarta sebagai bentuk apresiasi terhadap peran dan kiprah IIQ dalam melestarikan kajian Al-Qur'an dan pemberdayaan perempuan.  "Kemenag akan selalu berkomitmen mendukung program-program yang telah dicanangkan IIQ Jakarta, karena tanpa usaha keras lembaga semacam IIQ, program pemberdayaan perempuan berbasis Al-Qur'an akan sulit kita temukan di  negeri ini" beber Menag RI.

 Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menyelenggarakan wisuda periode semester genap Tahun Akademik 2015/2016 pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016, bertempat di gedung Pesantren Takhasus IIQ, Jl. Moh Toha, No 31, Pamulang, Tangerang Selatan. Prosesi wisuda yang dilaksasanakan dalam tajuk Sidang Terbuka Senat & Guru Besar IIQ yang dipimpin langsung oleh Rektor IIQ, Prof. Dr. Hj. Huzaemah T Yanggo, MA. ini mewisuda Mahasiswi Program Sarjana dan mahasiswi/a Program Pascasarjana S-2. Kegiatan wisuda tersebut sekaligus menjadi puncak rangkaian acara Dies Natalis IIQ Jakarta ke-39.

 Gelaran wisuda yang mengambil tema “Implementasi Kandungan Al-Qur’an di Bumi Nusantara” ini merupakan yang ke-17 untuk Program Sarjana (S-1) dan mewisuda sebanyak 138 lulusan. Sementara untuk Program Pascasarjana S-2, ini merupakan gelaran wisuda yang ke-10 dan mewisuda 36 lulusan. Artinya pada tahun 2016 ini IIQ Jakarta telah mencetak 138 sarjana dan 36 master, dengan total 174 lulusan.  (Admin/LPPI)

Berita Terkait