Workshop Penyusunan Dokumen Kurikulum Berbasis KKNI

( 15-07-2017 Pukul 14:31:45 WIB )

BERITA PPs IIQ Online — Program Pascasarjana IIQ Jakarta menyelenggarakan Workshop penyusunan dokumen silabus dan RPS berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), Sabtu (15/72017) di Aula IIQ Jakarta dengan melibatkan seluruh Dosen Program Pascasarjana IIQ Jakarta.

Direktur Program Pascasarjana, Dr. KH. Ahmad Munif Suratmaputra, MA dalam sambutannya menyampaikan, “Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk melengkapi dan memutakhirkan kurikulum program studi, dokumen silabus, RPS dan lain-lain sesuai dengan format KKNI sebagai upaya dan bagian dari penguatan kurikulum KKNI program studi yang berada di Program Pascasarjana IIQ Jakarta,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, mantan Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI, Dr. Muhammad Zain, S.Ag, M.Ag, mengapresiasi diselenggarakannya kuliah Workshop ini. “Saya mengapresiasi kegiatan ini, Pascasarjana IIQ Jakarta telah menghadirkan narasumber yang tepat dan kompeten di bidangnya. Kemenag juga telah menyusun draf penyesuaian kurikulum KKNI untuk seluruh program studi yang berada di bawah PTKAI. Draf tersebut dapat dijadikan rujukan dan silahkan disesuaikan dengan kekhususan sebuah perguruan tinggi, misal IIQ Jakarta memiliki kekhususan program tahfidz alquran dan ini tidak mungkin disamaratakan untuk seluruh program studi lainnya yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan Dr. Asep Supena, M.Psi dari Pusat Pengembangan Akademik Universitas Negeri Jakarta sebagai narasumber. Penyampaian materi workshop mengupas tentang cara penyusunan profil lulusan, Capaian Pembelajaran (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan format RPS. (RF)

Berita Terkait