Kaprodi IAT PPs IIQ Jakarta Lulus Uji Kompetensi Penyuluh Anti Korupsi di KPK RI 2019

( 26-10-2019 Pukul 09:45:46 WIB )

Ketua Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Dr. H. Ahmad Syukron, MA berhasil lulus dalam Sertifikasi Uji Kompetensi Penyuluh Anti Korupsi yang di selenggarakan oleh ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, 22-25 Oktober 2019.

Uji kompetensi tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan seleksi yg harus dilalui yaitu mulai dari tahapan registrasi, kemudian mengikuti pendidikan dan pelatihan secara online atau e-learning yg diselenggarakan oleh ACLC KPK RI dengan perolehan nilai di atas 80, serta lulus dan diberi sertifikat. Setelah itu beralih ke tahapan berikutnya yaitu wajib mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) penyuluhan anti korupsi selama 5 hari fullday.  Setelah dinyatakan lulus dalam Diklat tersebut peserta diundang untuk mendaftar sertifikasi uji kompetensi dengan melalui beberapa tahap pemberkasan lagi. Semua peserta wajib mengisi formulir pendaftaran APL 01, APL 02, dan Form AGK serta beberapa bukti pendukung seperti wajib melampirkan video penyuluhan yang kita lakukan dan video testimoni orang-orang yang kredibel mengomentari tentang integritas kita, serta wajib melampirkan bukti kelulusan e-learning dan diklat penyuluh.

Kemudian, komponen yang wajib dimiliki oleh calon peserta sertifikasi adalah konten dan dokumen persiapan penyuluhan yang terdiri dari 20 dokumen yg harus disiapkan.

Semua persyaratan beserta dokumen pendukungnya yang kita ajukan dikirimkan, kemudian diverifikasi dan diseleksi. Kemudian setelah dinyatakan lulus berkas administrasi, maka peserta akan mendapat undangan resmi dari KPK RI untuk mengikuti uji kompetensi/sertifikasi penyuluh anti korupsi.

Proses sertifikasi mendapatkan alokasi waktu ujian selama 4 jam penuh. Dengan materi ujian adalah mempertanggungjawabkan dan mempresentasikan semua dokumen yang telah kita buat. Kemudian wawancara tentang integritas diri, serta uji pengetahuan dasar dan lanjutan tentang korupsi dan antikorupsi.

Rencana Tindak Lanjut (RTL) pasca lulus sertifikasi, peserta wajib mengadakan penyuluhan anti korupsi di lingkungan kerja dan di rumah masing-masing, atau harus siap melaksanakan tugas jika ada ketetapan dari ACLC untuk mengadakan penyuluhan anti korupsi ke seluruh Indonesia.

Berita Terkait