Program Pascasarjana IIQ Jakarta Selenggarakan Seminar Nasional Ekonomi Islam

( 22-01-2020 Pukul 15:34:40 WIB ) Program Pascasarjana IIQ Jakarta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Islam bertempat di Aula IIQ Jakarta (22/1). Seminar tersebut membahas tema “Peran Surat Berharga Syariah (SBSN) dan Peluang Public Private Partnership sebagai Alternatif Pembiayaan Infrastruktur Perguruan Tinggi”. Untuk membahas tema tersebut, seminar menghadirkan narasumber yang otoritatif dan kompeten yaitu Direktur Pembiayaan Syariah Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Dwi Irianti Hadiningdyah, SH, MA., sebagai perwakilan regulator, dan Wakil Ketua BPH DSN MUI, Dr. Hasanudin, M.Ag., sebagai perwakilan otoritas fatwa.
Seminar nasional yang diselenggarakan oleh panitia gabungan LPPI IIQ Jakarta, Prodi HES Pascasarjana, dan Prodi HES Fakultas Syariah IIQ Jakarta tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan baru tentang sukuk atau surat berharga syariah negara.
Sebagai pengantar, Dwi Irianti memaparkan sejarah perumusan sukuk / SBSN yang diinisiasi oleh Ketua Umum MUI, Dr. KH. Ma’ruf Amin sejak tahun 2006. Inisiatif tersebut didukung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sampai akhirnya memiliki payung hukum berupa UU SBSN pada 7 Mei 2008. Penerbitan peraturan tentang sukuk tersebut kemudian didukung oleh penerbitan 4 fatwa DSN MUI tentang SBSN.  Sejak itu sukuk Indonesia berkembang pesat dan Indonesia menjadi negara penerbit sukuk global terbesar di dunia. Dari aspek kinerja, SBSN telah berhasil mengumpulkan pembiayaan sebanyak 1.125 T dan membiayai proyek infrastruktur negara lebih dari 3000 proyek.
Acara berlangsung menarik terbukti dengan antusiasme civitas akademikaa IIQ Jakarta untuk mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi.  Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Direktut Program Pascasarjana IIQ Jakarta periode 2014-2018, Dr. KH. Ahmad Munif Suratmaputra, M.A. (MAF)

Berita Terkait

  • Program Pascasarjana IIQ Jakarta Lepas 55 Sarjana Baru
  • PROGRAM PASCASARJANA IIQ GELAR SEMINAR INTERNASIONAL
  • Civitas Akademika Program Pascasarjana IIQ Jakarta Selenggarakan Halal Bihalal
  • Pascasarjana IIQ Jakarta adakan Pelatihan Jurnalistik