Pascasarjana IIQ Jakarta selenggarakan International Workshop di University of Malaya, Malaysia

( 27-02-2020 Pukul 16:25:10 WIB ) Program Pascasarjana IIQ Jakarta bekerjasama dengan Perputakaan Universitas Malaya, Malaysia, menyelenggarakan International Workshop on Research Methodology, di Kuala Lumpur (27/2). Kegiatan yang dilaksanakan di gedung utama perpustakaan Universitas Malaya tersebut dipandu langsung oleh Ketua Divisi Pelayanan Perpustakaan, Dr. Syamsiah.  Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IIQ Jakarta, Ketua Program Studi PAI S2 dan beberapa dosen prodi PAI. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II, Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag.

International Workshop ini merupakan rangkaian acara Edutrip Malaysia 2020 Program Pascasarjana IIQ Jakarta. Sebelum Workshop dimulai, delegasi diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Universitas Malaya, Dr. Hasyiah. “Kami merasa sangat begembira sekali atas kunjungan Bapak Direktur Pascasarjana IIQ Jakarta dan rombongan” kata Dr Hasyiah dalam penyambutannya. Dalam pengenalannya disampaikan bahwa Perpustakaan University Malaya merupakan yang tertua di Malaysia yang sudah berdiri sejak tahun 1957. “Terimakasih Puan Hasyiah atas penyambutan yang hangat, kami berharap ke depan makin banyak program kegiatan sebagai realisasi kerjasama IIQ dan UM” tutur Direktur Program Pascasarjana IIQ Jakarta.

Sementara itu, Kepala Pelayanan Perpustakaan UM, Dr. Hasyiah, dalam pemaparan materi Workshop menjelaskan bahwa metodologi riset yang dia ajarkan terbagi dalam beberapa modul. Modul yang harus dikuasai setiap mahasiswa namun sering dilupakan adalah seputar bagaimana mencari referensi yang sesuai dengan tingkat pendidikan.  Misalnya referensi jurnal online atau OJS, mahasiswa pascasarjana sangat dianjurkan untuk mencari jurnal yang sudah memiliki citation index dan h-index yang bagus. “Mahasiswa postgraduate tak seronoklah mengambil reference dari jurnal di luar Q1-Q4” paparnya dalam bahasa Melayu.

Di akhir kegiatan, dilaksanakan serah terima cindera mata berupa plakat dan buku karya para dosen IIQ Jakarta.

Berita Terkait

  • Program Pascasarjana IIQ Jakarta Selenggarakan Seminar Nasional Ekonomi Islam
  • Direktur Program Pascasarjana IIQ Jakarta Menjadi Pembicara pada International Round Table Discussion di Universiti Malaya Malaysia
  • Penandatanganan MoU Pascasarjana IIQ Jakarta dan International Islamic University of Malaysia