Persiapkan Penelitian, Mahasiswi Beasiswa 5000 Doktor IIQ Jakarta Kunjungi LPMQ

( 17-02-2020 Pukul 17:41:07 WIB )

Mahasiswi Program Beasiswa 5000 Doktor Pendidikan Kader Ulama Perempuan (PKUP) IIQ Jakarta mengunjungi Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Senin (17/2/2020) dengan didampingi oleh Kaprodi IAT S3 Dr. Hj. Faizah Ali Syibromalisi, MA dan Direktur Pascasarjana IIQ Jakarta Dr. H. Muhammad Azizan Fitriana, MA.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturrahim dan memperkenalkan LPMQ kepada para mahasiswi karena Program Beasiswa 5000 Doktor PKUP ini difokuskan pada Ilmu Qira’at dan Kajian Mushaf Indonesia, sehingga LPMQ merupakan tempat yang tepat untuk menggali informasi-informasi tersebut.

“Kedatangan kami kesini adalah untuk silaturrahim dan perkenalan Lajnah, perkenalan dengan personil, dan dengan program kerjanya. Karena amanat dari Kemenag RI yang memberikan beasiswa adalah dalam kajian ilmu qira’at dan kajian mushaf Indonesia, dan yang mempunyai otoritas (dalam hal tersebut) adalah Lajnah”, ungkap Dr. Azizan dalam sambutannya.

“Kami juga ingin melihat peluang-peluang penelitian dalam bidang mushaf, mohon agar dapat diberi informasi mengenai peluang yang bisa dikerjakan untuk penelitian doktor atau sebagai akademisi”, lanjutnya.

Kunjungan ini disambut baik dan diterima langsung oleh Kepala LPMQ Dr. KH. Muchlis M. Hanafi, MA didampingi Dr. H. Zainal Arifin Madzkur, MA sebagai Peneliti dan Hj. Ida Zulfia, MA sebagai Pentashih di LPMQ.

Dr. Muchlis menjelaskan awal berdirinya LPMQ, penelitian dan pengkajian yang telah dilakukan LPMQ beserta hasilnya dengan detail. Beliau juga menyampaikan rasa syukurnya karena merasa mendapat teman ketika ada kunjungan-kunjungan seperti ini.

Para mahasiswi Program Beasiswa yang bejumlah 10 orang ini pun tak menyia-nyiakan kesempatan, dengan antusias mereka mengajukan pertanyaan terkait peluang-peluang penelitian yang mungkin mereka ambil, yang kemudian dijawab oleh Dr. Muchlis dan Dr. Zainal.

Di akhir pertemuan, Dr. Azizan dan Dr. Faizah menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan LPMQ dalam kunjungan ini, mereka berharap ke depannya para mahasiswi bisa diberikan kesempatan untuk dilibatkan dalam penelitian-penelitian yang dilakukan LPMQ agar pengetahuan mereka tentang kajian mushaf semakin mendalam.

Berita Terkait

  • Kemenag RI Adakan Pembinaan bagi Mahasiswa Beasiswa 5000 Doktor IIQ Jakarta