Implementasi pendidikan karakter berbasis al-quran dan as-sunnah: studi kasus kelas 6 SD al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang

Ubaidillah Alghifary Slamet, Syahida Rena, Ine Ratu Fadhilah

Abstract


Pendidikan karakter berbasis al-Qur‟an dan as-Sunnah di SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) adalah program unggulan sekolah, tujuannya untuk pembentukan karakter mulia sesuai al-Qur‟an dan as-Sunnah pada diri peserta didik melalui pembelajaran sehari-hari di kelas, didukung dengan 3 kurikulum nasional, internasional dan pesantren melalui proses stimulan pendidkan karakter yang lama sejak kelas 1 sehingga di kelas 6 sudah menjadi karakter anak. Sistem evaluasi penilaian Quality Control (QC) siswa yang ketat, kemudian di nilai dan di tindak lanjuti pada program-program pendukung yaitu pelatihan guru-guru, program sosialisasi, program parent visit class (PVC), program rumah tahfizh, dengan rumusan nilai: (1) penanaman adab dan akhlak yang mulia, (2) kebersihan lingkungan, (3) sosial Masyarakat, (4) kesadaran beribadah, (5) cinta tanah air. Implementasi materi dapat dilihat pada: (1) Penyambutan siswa, (2) Bimbingan Wali kelas, (3) membuat tata tertib dikelas, (4) makan siang bersama guru dikelas, (5) mengadakan lomba kebersihan dan keindahan kelas, (6) mengadakan kegiatan bakti sosial, (7) membaca zikir pagi dan petang, (8) shalat dhuha, (9) shalat berjamaah, (10), mengadakan upacara. Faktor pendukung yakni adanya ketaatan dan disiplin guru dalam menjalankan tugas amanah, konsistensi pimpinan, adanya sinergi antara guru, wali murid dan siswa. Faktor penghambat yakni siswa baru yang belum berkarakter al-Qur‟an dan belum bisa mengaji.

Keywords


pendidikan karakter; al-Qur’an; as-Sunnah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ali, Rasulullah Saw, The Unthold Story, Jakarta: Gramedia, 2015.

Afrina, Nike Gustia, “Model Integrasi Kurikulum Qur’an Sunnah Brain Attitude (Quba) dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Swasta Kulliyatul Mu’allimat el-Islamiyah Diniyyah

Ahmad, Khursyid, Principles of Islamic Education, Lahore: Islamic Publications, 1974.

Ahmad, Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan, cet-VIII, Bandung: PT. Al-Ma‟arif, 1989.

Ainain, Ali Khalil Abu, Falsafah at-Tarbiyah fi al-Qur’an al-Karim, alQahirah: Dar al-Fikri al-Arabi, 1985.

Akbar, Reni, dan Hawadi, Psikologi Perkembangan Anak, Mengenai Sifat, Bakat dan kemampuan Anak, Jakarta,Geraiindo, 2003.

al-Atsari, „Abdullah bin „Abd al-Hamid, Aqidah Salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah, terj. Ahmad Syaiku, Jakarta: Pustaka Al-Inabah, 2015.

al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Islam: Faham Agama dan Asas Akhlak, Kuala Lumpur: Ta‟dib Internasional, 2019.

al-Bukhari, Imam Al-Adab Al-Mufrad: Kumpulan Hadits Adab dan Akhlak Seorang Muslim, Pensyarah Syaikh Muhammad Luqman As-Salafi, Jilid 2, Jakarta: Griya Ilmu, 2011.

al-Farran, Syaikh Ahmad Musthafa, Tafsir al-Imâm asy-Syafi’i, (Surah An-Nisa’-Surah Ibrahim, terj. Fedrian Hasmand, Fuad S.N., Ghafur S., dan Arya N.A., Jilid 2, Jakarta: Almahira, 2007.

al-Ghazali, Imam, Ihya’ Ulmum ad-Din, Juz III, Mesir: Dar Ihya‟ al-Kutub alArabi, t.th.

______, Ihya‟ al-Ghazali, terj. Ismail Yakub, Jilid IV, Jakarta: Faizin, 1986.

______, Misykat al-Anwar, Kairo: Dar al-Ma‟arif, 1964.

al-Hakim, Sayyid Mundzir, 14 Teladan Abadi (1): Muhammad Rasulullah Saw., Sang Adiinsan, terj. Muhammad Alcaff, Jakarta: Nur Al-Huda, 2016.

al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin al-Husain bin Ali al-Sunan al-Kubra wa Dzalihi al-Jauhar an-naqi, Jilid 10, al-Hind: Majlis Dairah al-Ma’arif an-Nizhamiyah al-Kâinah,1344 H.Alhamuddin, Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia: Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013), Jakarta: Prenamedia Group, 2019.

Ali, Aisyah M., Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya, Jakarta: Kencana, 2018.

Al-Qur‟an dan Terjemahannya

Amin, Maswardi Muhammad, Memasyarakatkan Budi Pekerti yang Terkandung dalam Gurindam Dua Belas (Raja Ali Haji), Yogyakarta: Absolute Media, 2012.

Amril, M., Etika dan Pendidikan, cet. Ke-1, Yogyakarta: LSFK2P dan Aditya Media, 2005.

Andalusi, Abu Muhammad „Ali Sa’id bin Hazm al-Ihkam fi Ushul alAhkam, Jilid I, al-Qahirah: Dar al-Kutul al-Ilmiyah, 1967.

Anees, Bambang & Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media 2009.

Ansyar, Mohamad, Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan, cet. ke-2, Jakarta: Kencana, 2017.

Arifin, Bambang Syamsul, Psikologi Agama, cet. ke-2, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Arifin, H.M, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Asharaf, Ali, dan Sajjad Husain, Pergulatan Idiologis Pendidikan Islam: Refleksi Pendidikan Islam dalam Menemukan Identitas di Era Globalisasi, Terj. Mukani, Malang: Madani Media, 2011.

Badri, Muhammad, Sentuhan Jiwa untuk Anak Kita, Bekasi: Daun Publishing, 2015.

Borba, Michele, Building Moral Intellegence: The Seven Essential Virtues That Kids to Do The Right Thing, 2001. Edisi Bahasa Indonesia: 128.

Chirzin, Muhammad, Kearifan Al-Qur’an, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Dalimunthe, Reza Armin Abdillah, “Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, No. 1, April 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v6n1.39-65
Abstract View - 106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN ONLINE

P-ISSN: 2527-8371
E-ISSN: 2685-0974


INDEX BY